5:29 PM

Repair/Memperbaiki Windows Tanpa Instal Ulang

Kalau sewaktu-waktu, Windows XP yang temen-temen rusak, jika kira-kira masih bisa direpair jangan gugup di instal ulang. Instal ulang selain format drive, data kita yang ada di drive C juga akan hilang semua(walaupun sebenarnya masih bisa di recovery menggunakan program recovery data). Trus bagaimana cara repair windows tanpa instal ulang? Ini ada sedikit tips. Yang perlu disiapkan adalah CD Installer Windows. Pertama lihat dulu kira-kira dimana saja yang rusak. Sewaktu menyalakan komputer lihat pesan yang tampil di monitor kemudian perbaiki menurut pesan tampilan error yang muncul tersebut.
1.NTLDR not found
Kalau temen-temen menemukan pesan error seperti itu sebabnya file NTLDR di drive C hilang. Bisa juga disebabkan oleh virus, tidak sengaja terhapus, corrupt ataupun sebab lainnya. Caranya yaitu dengan memasukan CD Installer Windows ke CD Drive. Restart komputer. Masuk ke BIOS dan juga ke tab boot pilih yang first boot dari CDROM. Supaya nantinya bisa boot lewat CD Installer ini. Tunggu sampai muncul opsi atau pilihan R=Repair yang pertama, kemudian tekan tombol R. Tekan tombol angka yang cocok dengan tempat instalasi Windows yang akan diperbaiki. Biasanya #1 (satu). Masukan password admin kalau dibutuhkan. Trus ketik perintah ini: Copy F:\i386\NTLDR C:\. Maksudnya, F itu drive CD yang ada installer Windows-nya. Temen-temen harus tahu dimana alamat CD Drivenya. Bisa E, G, H dan lainnya. Kemudian perintah untuk mencopy file NTLDR  ke drive C. Keluarkan CD Installer dari Drive dan ketik exit kemudian restart komputer.
2.NTDETECT.COM not found
Jika ada pesan error seperti ini masukan CD Installer Windows dan Boot dari CD tersebut seperti tulisan di atas . Kalau muncul psi R=Repair yang pertama pilih R. Kemudian pencet angka #1, Ketik password admin kalau diminta, kalau nggak ya udah. Ketik copy F:\i386\NTDETECT.COM C:\. Maksudnya perintah ini sama seperti tulisan di atas. Kalau udah ketik Exit, ambil CD Installer dari drive dan restart.
3.NTOSKRNL missing or corrupt
Caranya tidak jauh berbeda seperti diatas. Cuma sekarang pindah ke alamat drive CD Installer Windows, bisa di D, E, F dan lainnya. Contohnya D: kemudian enter. Trus ketik cd i386 dan enter. Kemudian ketik expand NTKRNLMP.EX_C: Windows\System32\NTOSKRNL.EXE. Keluarkan CD installer kemudian restart.
4.HAL.DLL missing or corrupt
Pesan ini muncul sebab file boot.ini mengalami misconfigurated (salah konfigurasi atau sudah rusak). Persis caranya seperti diatas. Kalau udah ngetik #1 trus ketik bootcfg /list. Ini maksudnya untuk memunculkan isi file BOOT.INI kemudian ketik bootcfg/ rebuilt. Ini untuk memperbaiki konfigurasi file boot.ini, setelah itu keluarkan CD Installer, ketik exit dan restart.
5.Repair Install
Kalau Windows milik teman-teman rusak bisa diperbaiki dengan repair instal. Jadi tanpa format juga. Masukkan CD Installer dan boot dari CD tersebut. Jika muncul opsi repair yang kedua (ingat, Yang kedua lho!) tekan tombol R untuk memulai Repair. Pencet F8 untuk melanjutkan proses selanjutnya “I Agree at the Licensing Agreement”. Tekan lagi R. Kemudian bakal ada pengecekan C:\ dan kemudian akan ada proses nyalin file-file dari CD Installer ke drive C:\ Tunggu saja terus. Ini memebutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar ½ -1 jam. Ketika memasukan serial number Windows ya diketik menggunakan serial yang valid . Tunggu terus sampai nanti diminta nama domain dan workgroup. Ketik nama domain dan workgroupnya sama dengan sebelumnya. Tunggu terus sampai selesai dan restart otomatis. Ikuti saja perintahnya dan Windows teman-teman sudah kembali seperti semula, data dan program yang sebelumnya sudah terinstal juga tidak hilang. Nah teman-teman, diatas itu hanya sedikit tips. Semoga ada manfaatnya untuk teman-teman semua. Makasih 
Serial Windows XP SP2: YQ7XW-QPT6C-233QF-RRXC7-VF7TY
Temukan kami di Twitter dengan sangat mudah hanya di sini
Comments :

1 komentar:

Nice POst Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
http://serviskomputermurahsurabaya.blogspot.com/

AA mengatakan...
pada 

Posting Komentar

Tentang Kami

Langgan artikel Via Email

Langgan artikel Via Email

Copyrights © 2011 - Tutorial blog dan belajar SEO blogger